Apply visa Australia online dengan ImmiAccount

Sejak akhir November 2017, WNI bisa apply visa kunjungan ke Australia secara online lewat ImmiAccount. Beberapa waktu lalu, gw sama istri pake sistem ini untuk apply Visitor visa (subclass 600) untuk yang stream tourist. Enaknya sistem ini adalah kita gak perlu repot-repot ke kantor VFS Global untuk submit dokumen-dokumen, nggak pake bayar biaya tambahan VFS juga, paspor gak ditahan, bisa diakses kapan aja dari mana aja.

Apa aja sih yang mesti dipersiapin?

Sebenernya nggak ribet dan nggak susah, udah tinggal ngikutin tutorial aja. Tahap yang paling pertama adalah bikin ImmiAccount di sini.

Screen Shot 2018-07-06 at 5.36.37 pm
Halaman daftar ImmiAccount

Setelah masuk, kalo kita bakal apply untuk sekeluarga atau grup kita bisa pilih menu manage groups. Untuk apply visanya tetep aja nanti kalo ada rombongan ya tetep harus bikin masing-masing, manage group ini menurut gw sih mempermudah pas assesment di pihak embassy.

Selanjutnya, masuk ke new application, pilih tipe visanya, dan mulai isi data-datanya deh. Masukin selengkapnya dan sejujur-jujurnya. Setelah beres urusan isi-isian. Tahap selanjutnya diminta upload dokumen pendukung, list lengkapnya bisa dicek di sini.

Screen Shot 2018-07-06 at 6.17.42 pm
List aplikasi

Gw dan istri di aplikasi masing-masing nyiapin dan ngelampirin dokumen-dokumen ini:

  1. Scan paspor bagian depan yang ada foto diri (dan halaman berikutnya kalo ada perubahan nama)
  2. Scan Kartu Keluarga
  3. Scan Akta Kawin
  4. Scan semua halaman paspor aktif yang ada isinya: data diri, stamp, label visa
  5. Scan semua halaman paspor satu paspor sebelumnya (kalau ada) sama kayak di atas
  6. Pas foto terbaru (spek-nya bisa dicek di sini)
  7. Surat keterangan kerja dari kantor
  8. Bank statement 3 bulan terakhir (rekening bersama suami istri)
  9. Surat referensi bank (rekening bersama suami istri)
  10. Slip gaji 3 bulan terakhir suami
  11. Slip gaji 3 bulan terakhir istri
  12. eKTP
  13. Bookingan tiket pesawat
  14. Bookingan Airbnb
  15. Itinerary (gw submitnya program schedule acara conference yang akan diikutin)
  16. Surat kepemilikan apartemen

Setelah semua dokumen lengkap diupload, tinggal pilih submit. Nanti akan diarahin ke halaman pembayaran, pilihannya seinget gw ada PayPal sama credit/debit online, pembayarannya per aplikasi A$140, waktu gw submit tanggal 22 Juni itu jadi kenanya Rp1.513.300.

Kalo udah received nanti akan ada email notifikasi, tahap selanjutnya tinggal nunggu. Gw waktu itu submit agak mepet juga sekitar 2 minggu sebelum berangkat. Untuk acuan kalo mau aman, ancer-ancer kalo mau submit itu udah ada infonya di global processing time, sebulan lah minimal.

Tanggal 2 Juli sore, gw dan istri sama-sama dapet telepon dari Kedutaan Australia tapi nggak sempet dijawab karena lagi away dari telepon, tapi puji Tuhan visa gw dan istri ternyata granted hari itu juga, emailnya muncul beberapa menit setelah miss call dari kedutaan masuk. Pas cek di ImmiAccount pun udah berubah dari Received jadi Finalised. Berarti ada 17 hari kalender untuk prosesnya.

Screen Shot 2018-07-06 at 5.40.14 pm

Intinya proses lewat ImmiAccount ini gampang banget dan cocok buat yang mau hemat waktu, terutama buat yang tinggal di kota-kota di Indonesia yang gak deket sama kantor VFS.

Ada yang udah cobain ImmiAccount juga? Ada yang punya pertanyaan seputar ini? Ditunggu di kolom komentar ya, gw jawab sesuai yang gw tau deh 😊

Iklan

4 pemikiran pada “Apply visa Australia online dengan ImmiAccount

  1. yosef

    Koh Daniel itu Bank Statement juga discan semua? Kalau sampai berlembar2 itu bisa ga yah (10+ misalnya), atau ada limit MB nya? Thanks!

    1. Daniel Giovanni

      Halo Yosef, iya kalo berlembar-lembar discan aja tapi gak mesti hi-res yang penting keliatan, kalo saya waktu itu bank statementnya emg bisa download minta PDF. Itu aja udah bisa kok 👍

  2. Santi_k

    Hi Daniel, mau bertanya kl apply utk isteri dan suami, berarti setelah saya submit dan manage group, lalu submit, apakah suami jg mesti create immiaccount dan memasukkan kodegroup nya utk bisa submit application dia terpisah? Thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s