Pengalaman perpanjang SKCK di Polres Jakarta Selatan

Dalam rangka pindah KTP setelah nikah, apartemen di tempat gw tinggal salah satu persyaratannya itu perlu ada SKCK untuk keperluan pindah alamat. Terakhir kali gw bikin SKCK itu pas bikin buat iseng-iseng daftar jadi UberX driver bulan Agustus 2017 lalu.

Dari hasil googling sana sini, dapet info kalo SKCK itu bisa diperpanjang selama belum kelewat setahun dari tanggal terakhir berlaku, tapi yang gw belom tau itu SKCK bisa diubah keperluannya apa nggak. Jadi ya daripada penasaran, langsung gw putuskan buat coba aja.

Gw sampe di Polres Jakarta Selatan sekitar jam 9.30 (FYI, SKCK cuma bisa diproses di Polres/Polsek sesuai KTP), sebelumnya gw mampir di Snapy seberang Dharmawangsa Square buat cetak pas photo sama fotokopi berkas-berkas. Jangan lupa buat SKCK harus bawa foto 4×6 background merah.

img_0079.jpg
Lokasi pelayanan SKCK

Lokasi pelayanan SKCK-nya ada di gedung belakang deket parkiran motor. Ada 2 hal yang beda banget sama waktu gw ke sana taun 2017: 1) dulu di loket SKCK ada di gedung utama; 2) banyak polisi yang muda-muda yang bantu ngarahin. Bahkan waktu gw agak kebingungan di depan loketnya langsung disamperin dan ditanya apa yang bisa dia bantu. Gw langsung bilang aja kalo lagi mau perpanjang SKCK dan dia arahin ke loket.

Di loket langsung dimintain semua berkas buat keperluan perpanjang SKCK:

  1. SKCK Asli (atau legalisir)
  2. Fotokopi KTP 1 lembar
  3. Fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar
  4. Fotokopi Akta Lahir
  5. 4 lembar foto 4×6 latar merah (gw kira 6, mungkin karena gw perpanjangan)
  6. Uang 30ribu rupiah (memang peraturannya, bukan pungli)

Petugas loket langsung ngarahin buat baca banner karena mulai 14 Februari pengisian data SKCK langsung lewat aplikasi Android, alurnya pun cukup jelas. Nama aplikasinya Smart Polres Metro Jakarta Selatan, jadi kayaknya ini berlaku cuma buat yang di selatan aja. Seinget gw juga Polres Jaksel ini partneran sama Qlue buat pemberantasan narkoba. Kekinian nih sepertinya kapolresnya.

Alur penggunaan aplikasi Smart Jaksel

Buat yang nggak pake Android kayak gw, ada 2 komputer yang available buat dipake ganti-gantian yang mau isi data. Kayaknya sih ini APK-nya Android yang dibuka di PC. Polisi yang bertugas di area SKCK ini juga jelasinnya cukup detail, nggak judes sama sekali.

Komputer buat ngisi data SKCK

Setelah selesai ngisi, langsung disuruh ke loket lagi untuk kasih berkas-berkasnya, nggak ada tambahan dokumen segala dan tinggal tunggu nama dipanggil. Sebelum gw pergi dari loket gw cuma tambah info aja buat make sure kalo perpanjang tapi peruntukannya mau diubah jadi pindah alamat.

 

Sekitar jam 10.10 SKCK gw udah keluar, kalo sepi gw rasa 20 menit juga selesai. Overall sangat memuaskan, beda banget sama waktu setaun sebelumnya yang agak chaos dan nunggunya kelamaan.

Semoga Kepolisian Republik Indonesia bisa terus semakin maju dan semakin banyak terobosan kayak begini.

NOTE: waktu taun 2017 gw sempet pake skck.polri.go.id buat isi data tapi ternyata gak kepake, dari hasil googling pun orang-orang yang mau bikin SKCK juga tetep ngisi lagi di tempat, jadi saran gw sih gak usah isi yang SKCK Online yang di web Polri itu dulu, toh di loketnya sampe saat ini masih tetep disuruh isi pake sistem tergantung polresnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s