Fenomena Joko Anwar di Twitter & Killwithme.com

Masih ingat film Killwithme.com? 88% dari pengunjung situs tersebut nyaris tidak memiliki moral meskipun telah diperingatkan bahwa jika mengunjungi situs tersebut maka anda akan menyakiti orang lain.

Rasa penasaran akan kejadian tersebut membuat pengunjung semakin banyak berdatangan, hanya sekedar ingin tahu apa yang akan terjadi jika ia membuka website tersebut, apakah benar ada orang lain yang disakiti?

Twitter
Ternyata hal semirip killwithme.com juga terjadi di Twitter. Tersebutlah sebuah nama, Joko Anwar, saya tidak kenal siapa orang ini, namun efek viral yang saya temui di twitter menunjukkan bahwa account twitter dia banyak sekali dibicarakan orang dalam waktu kurang dari 1 jam. Dan membuat Circle K & PIM menjadi sebuah trending topics di Twitter.

Setelah ditelusuri, hal tersebut dikarenakan account @JokoAnwar tersebut melontarkan sebuah joke yang cukup renyah yang sekaligus menantang orang-orang untuk memfollow twitter tersebut.

If I got my 3000th follower today, I'll go into a Circle K naked.

Ok, akibatnya adalah, Joko mendapatkan banjiran follower yang amat banyak dalam kurun waktu 1-2 jam, dan mendapatkan lebih dari 4300 follower (22/09/09/ 15:40 WIB – UTC+7). Padahal menurut prediksi Twitter Follower, Joko baru akan mendapatkan follower sejumlah 2800 orang keesokan harinya.

Fenomena ini masih terkait dengan banyaknya orang yang memforward pesan tersebut kedalam twitter mereka dan dilihat oleh teman-teman mereka, serta diforward kembali, efek viral yang amat luar biasa bukan, terlebih twitter saat ini sedang maraknya digandrungi oleh pengguna internet selain facebook.

Bahkan dari sana terbuatlah rumor bahwa orang tersebut akan melakukan hal yang lebih gila lagi seperti di PIM, atau di Carrefour. Luar biasa memang efek twitter, dan juga (mungkin) orang orang yang sudah bosan dengan hal-hal yang biasa, anda mau coba?

Now you guys can see how powerful a social network is. LOL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s