salingsilang.com: Nostalgia Melalui Media Sosial

Facebook Timeline, sebentar lagi bisa dinikmati oleh umum. Dengan fitur baru dari Facebook ini, kita bisa melacak apa saja yang pernah kita lakukan di Facebook bertahun-tahun yang lalu. Facebook bahkan membuatkan satu titik di saat kita baru dilahirkan, dan menambahkan foto atau status di sana. Saat ini Facebook Timeline belum aktif untuk umum karena masih menunggu hasil sengketa hukum dengan Timelines.com.

Ini mungkin fenomena unik, menjadikan media sosial sebagai dokumentasi perjalanan hidup. Dari situs media sosial lainnya, Foursquare, ada aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur unik; mengingat apa yang dilakukan setahun yang lalu di Foursquare. Belakangan, aplikasi ini juga tersedia untuk Facebook. Nama aplikasinya 4SquareAnd7YearsAgo. Ia mengirim ke email kita setiap hari, apa yang terjadi setahun yang lalu di media sosial yang kita ikuti. Mungkin ada yang pernah dengar, atau bahkan sudah memakainya?

Salah seorang penulis di situs berita teknologi Wired.com, Clive Thompson, menyebut fenomena ini sebagai Memory Engineering. Dalam artikel yang ia tulis 27 September yang lalu, ia mewawancarai spesialis media sosial asal Indonesia, Daniel Giovanni, yang bisa ditemui di akun Twitter @qronoz.  Daniel dijadikannya contoh tentang bagaimana memory engineering bekerja; sebuah proses mendandani masa lalu kita di dunia dijital  menjadi lebih menarik.

Daniel bercerita tentang pengalamannya memanfaatkan aplikasi 4SquareAnd7YearsAgo. Kebetulan, saat ia diwawancarai tepat setahun ia menyelesaikan skripsinya. Menurut Daniel seperti yang dikutip artikel di Wired.com tersebut, aplikasi ini membantunya membangun kembali ingatan pada peristiwa setahun yang lalu. Dari aplikasi itu terekam apa yang pernah dilakukannya saat itu; berangkat ke kampus untuk bersiap ujian, lulus dengan nilai A, dan merayakannya dengan nonton film ke bioskop bersama teman-temannya. 

Aktivitas individu yang terekam melalui media sosial, terkadang memang sangat detil dan lengkap, sampai pengguna sendiri tidak sadar kalau mereka sedang mencatatkan sejarah mereka di beragam media sosial. Gagasan Facebook Timeline, yang oleh Facebook dipromosikan dengan judul artikel, “Tell Your Story with Timeline” tampak selaras dengan gagasan memory engineering yang dimaksud Clive Thompson tersebut. Apakah Facebook juga sedang menerapkan hal yang sama?

Satu sisi, mungkin berguna bagi si pemilik akun. Tapi jika secara tidak sadar sampai bocor ke publik, informasi yang terlalu detil tentang seseorang bukanlah hal yang lumrah untuk diumbar. Ada hal yang bersifat personal, yang mungkin orang lain tidak punya hak untuk mengetahuinya. Jadi, sambil menunggu Facebook Timeline benar-benar aktif, mungkin perlu dipertimbangkan dari sekarang, informasi apa saja tentang perjalanan hidup Anda yang akan dijadikan konsumsi umum

Kalo 4SquareAnd7YearsAgo udah coba. PastPosts juga udah. Kalo Facebook Timeline ini asli gw baru denger, resmi keluaran Facebook katanya. Mari kita tunggu bersama!

Satu pemikiran pada “salingsilang.com: Nostalgia Melalui Media Sosial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s