Jump Bandung #1. Sebuah dokumenter pendek kolaborasi Parkour Bandung dan GD Studio

Semoga video dokumenter singkat ini dapat memberi gambaran bagi teman-teman mengenai seperti apa latihan parkour dan bagaimana sejarahnya.

Video di atas diupload di Youtube dan mendapatkan banyak sekali respon positif tidak hanya dari teman-teman di Indonesia, tapi juga dari luar Indonesia. Salah satunya dari user dengan nama WestLondonParkour yang sedikit menambahkan informasi tentang sejarah parkour. Demikian katanya:

parkour was made a discipline in 1895 by georges hebert for the french marines and parisian fire dept under the name “l’art du deplacement”. in the 1970s, raymond belle used it as a tool and taught it to his son david, who turned it into an art by the 1980s. “Parkour” is the >international< version of the word “parcours”, meaning a journey or a trip, or to traverse something; it has no literal english translation. sebastien “created” freerunning parallel with parkour, not as??? part of it.

terjemahan >>>

Parkour berawal dari sebuah disiplin yang ada pada tahun 1895 yang digunakan oleh seseorang bernama Georges Hebert untuk pelatihan marinir Prancis dan pemadam kebakaran Kota Paris. Saat itu disiplin ini dikenal dengan nama “l’art du deplacement”. Pada tahun 1970an, Raymond Belle menggunakannya sebagai disiplin yang dapat diaplikasikan dan mengajarkannya pada anaknya, David Belle, yang kemudian menjadikannya sebuah seni pada tahun 1980an. Parkour sebenarnya adalah versi internasional dari kata “parcours”, yang berarti sebuah perjalanan atau perpindahan; tidak ada terjemahan langsung di Bahasa Inggris. Sebastian Foucan memperkenalkan freefunning yang parallel dengan parkour, bukan sebagai bagian dari parkour.

Tambahan informasi dari WestLondonParkour ini tentu hanya segelintir sejarah singkat tentang parkour. Mungkin beberapa teman-teman sudah mengetahui mengenai sejarah parkour. Namun tidak ada salahnya agar kita terus menambah referensi yang kita ketahui. Demi pemahaman parkour yang menyeluruh dan menjaga semangat parkour yang kita miliki saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s